Whatsapp Beta, Fitur Terbaru Menuju Perangkat Multi-Devices Chat Via PC

Tak bisa dipungkiri, penggunaan aplikasi Whatsapp saat ini telah menjadi alat komunikasi utama dalam kehidupan sehari-hari. Dilansir dari inet.detik, aplikasi Whatsapp Messenger merupakan salah satu aplikasi populer yang didownload sebanyak 21,7 juta kali dan menempati posisi ke-3 daftar aplikasi yang paling banyak didownload di dunia. 


whatsapp beta multi device chat

Sebagai salah satu aplikasi instant messenger yang populer didunia, banyak developer yang mengembangkan dan memodifikasi Whatsapp secara berkala. Dari mulai perbaikan bug hingga memunculkan banyak fitur-fitur baru yang memudahkan penggunanya dan dapat digunakan di Android/IOS. 

Selain itu, penggunaannya yang mudah dan hanya membutuhkan sedikit data seluler, membuat aplikasi ini banyak diminati oleh berbagai kalangan, baik tua maupun muda, dimanapun, dan kapanpun. 

Umumnya, banyak orang yang menggunakan aplikasi ini hanya di beberapa devices saja seperti smartphone dan tablet. Tak lama setelah itu, whatsapp hadir dalam bentuk website (whatsapp web) dan aplikasi yang bisa diakses via PC atau laptop. 

Hanya dengan scan barcode dan tersambung dengan Internet., kamu bisa mengakses semua pesan singkatmu via PC tanpa harus repot melihat kedua layar dalam waktu yang bersamaan. Tapi tau nggak sih? Sekarang ada fitur baru loh untuk whatsapp web, yaitu whatsapp versi beta.

Apa bedanya dengan whatsapp web? Whatsapp beta adalah fitur uji coba menuju fitur multi-devices yang memudahkan kita untuk login sampai empat perangkat sekaligus. 

Adapun keunggulan dari fitur ini adalah kamu tetap bisa menerima dan mengirim pesan ke kontak yang ada di Smartphone walaupun tidak terhubung dengan handphone. 

Hanya dengan sekali scan dan sinkronisasi, kamu bisa menikmati fitur ini gratis dan pastinya aman banget karena terlindungi oleh kunci enkripsi pada fitur percakapan dan panggilan Whatsapp.


Cara Join ke Whatsapp Beta

  1. Buka aplikasi whatsapp yang terpasang diperangkat handphone atau tablet
  2. Buka aplikasi whatsapp atau whatsapp web di PC kamu
  3. Pilih “Setting” disebelah kanan bawah
  4. Pilih “Linked Devices”
  5. Pilih “Link a Device” lalu scan barcode yang ada di PC

For your information, kamu juga bisa cek berapa devices yang terhubung dengan whatsappmu dengan klik opsi “Multi-Device Beta” dibawah menu “Linked a device”.

“Kak, aku sering login dibeberapa PC/laptop dan kadang-kadang lupa untuk sign out.” Buat FAQ semacam ini, ada beberapa tips yang bisa dicoba nih, supaya data kalian tetap aman dan terjaga!

Jangan Login Sembarangan

Untuk beberapa orang yang sering login account whatsapp di PC atau laptop, terkadang lupa untuk log out karena terburu-buru atau berpikir kalau nanti account tersebut akan keluar dengan sendirinya. Jangan salah ya gaes! Sekarang sudah era digital dan kita tidak pernah tau kapan kita akan mengalami cyber crime oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Dengan login disembarang PC atau laptop, sama saja dengan memberi akses secara gratis kepada pelaku untuk melakukan cyber crime atau membocorkan data pribadi kepada orang asing. Pastikan kamu sign out terutama ketika kamu menggunakan devices yang digunakan oleh banyak orang. 

Cek Ulang Perangkat Terhubung di Whatsapp

Buat teman-teman yang sudah terlanjur lupa untuk sign out, kalian bisa cek secara berkala setiap login di PC lain pada menu “Linked Device”. Pada menu ini, kita bisa mengetahui terkait aktivitas terakhir beserta lokasi login akun whatsapp yang dilakukan diperangkat PC. Apabila kamu menemui keanehan pada aktivitas percakapan whatsapp atau secara tidak sengaja mengalami peretasan dengan modus orang lain yang mengaku-ngaku sebagai kamu, segera sign out ya supaya datamu bisa terselamatkan.

Jadi, apakah kamu sudah pernah mencba Whatsapp Beta?

No comments